Tips:kosongkan kolom keyword untuk filter berdasar kategori

Top 10 Tujuan Wisata di Indonesia


random image

>>>indonesiaHAI<<<

Indonesia adalah sebuah negara besar, baik dalam hal populasi maupun luas wilayahnya, Indonesia juga memiliki keragaman budaya dan ekologi yang sangat luas. Dengan jumlah pulau 18.110 dan sekitar 6.000 ditinggali, Nusantara Indonesia adalah kepulauan terbesar di dunia. Jumlah populasinya mencapai 240 juta orang yang terdiri dari 300 suku, menggunakan lebih dari 250 bahasa daerah yang berbeda.

Bali memang merupakan tujuan wisata yang paling terkenal di mata turis asing, tetapi masih banyak lagi kekayaan wisata di Indonesia yang dapat dikunjungi dan dinikmati.

10. Danau Toba
Danau Toba yang terletak di Pulau Sumatera merupakan danau vulkanik yang sangat luas dengan panjang 100 km dan lebar 30 km. Danau ini terbentuk oleh erupsi raksasa gunung berapi sekitar 70.000 tahun yang lalu, dan merupakan kaldera yang paling besar di dunia. Dari penelitian genetis ditaksir hanya sedikit populasi manusia yang selamat akibat bencana ini. Terdapat sebuat pulau di tengah danau, yang disebut Pulau Samosir. Disamping mengunjungi keunikan “sebuah pulau di tengah-tengah pulau”, pengunjung juga dapat berelaksasi di kawasan alam yang indah dan berenang di air danau yang hangat.

9. Tanjung Puting
Taman Nasional Tanjung Puting berlokasi di Pulau Kalimantan, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Taman ini adalah tujuan wisata ekoturisme yang sangat populer, dengan tersedianya banyak perusahaan agen wisata lokal yang menawarkan perjalanan beberapa hari guna menyaksikan kehidupan liar dan mengunjungi pusat riset pelestarian alam. Kehidupan liar yang dapat ditemui adalah satwa owa, kera, macan tutul, beruang madu, ular piton, buaya dan yang paling terkenal adalah orangutan. Sayangnya taman nasional ini sangat terancam oleh kegiatan ilegal logging dan pembukaan hutan untuk kepentingan agribisnis.

8. Lembah Baliem
Lembah Baliem adalah dataran tinggi di Papua Barat yang menawarkan kilasan perjalanan balik ke era lampau. Lembah ini tidak diketahui oleh dunia luar sampai tahun 1938 ketika sebuah penerbangan pengintaian ke arah selatan dari Hollandia (sekarang Jayapura) menemukan ladang pertanian yang luas. Wamena merupakan pintu masuk bagi sebagian besar pengunjung yang datang untuk mengagumi keindahan pemandangan pegunungan, aliran sungai yang deras, pedesaan, dan kehidupan penduduk suku Dani yang ramah.

7. Gunung Bromo
Gunung bromo adalah gunung api aktif yang merupakan bagian dari pegunungan Tengger, Jawa Timur. Dengan ketinggian 2.329 mdpl (7.641 kaki) Bromo bukanlah puncak tertinggi dari daerah pegunungan ini, tapi merupakan objek yang paling terkenal. Area ini merupakan salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia dan di Jawa. Puncak dari gunung ini telah meletus dan kawahnya secara konstan mengepulkan asap putih. Gunung ini dikelilingi oleh lautan pasir gunung yang halus. Efek yang timbulkan ketika kita berada di sini, seolah-olah sedang tidak berada di bumi.

6. Bunaken
Berlokasi di utara Pulau Sulawesi, Bunaken merupakan salah satu area menyelam dan snorkling yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Bunaken merupakan bagian dari Taman Laut Kepulauan Bunaken yang di tempat ini dapat ditemui lebih dari 70% spesies ikan yang hidup di daerah barat Samudra pasifik. Waktu terbaik untuk menyelam di Bunaken adalah di Bulan April dan November.

5. Tana Toraja
Tana Toraja adalah dataran tinggi di daerah Sulawesi Selatan, tempat bermukim bagi masyarakat Toraja. Orang Toraja terkenal akan rumah adatnya yang besar dan dihiasi tanduk kerbau yang dikenal dengan sebutan “Tongkonan” dan juga upacara pemakaman yang megah dan sedikit mengerikan. Sesudah seseorang meninggal, tubuhnya disimpan (kadang sampai beberapa tahun) sampai tiba upacara pemakaman yang dapat berlangsung selama beberapa hari.  Sang mendiang kemudian dimakamkan di gua kecil atau di lubang pohon.

4. Kepulauan Gili
Lombok merupakan daerah tujuan wisata yang sangat populer. Yang dimaksud dengan Kepulauan Gili adalah gugusan pulau yang terdiri dari tiga pulau kecil: Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Pulau ini sangat tenang dan santai, di sini tersedia banyak kafe kecil di pesisir pantai yang terus menerus memutar lagu regge. Di sini tidak ada mobil atau sepeda motor yang dapat mengacaukan ketenangan. Sebagai catatan, nama "Kepulauan Gili" sebenarnya berasal dari kata “gili” yang berarti "pulau kecil" dalam bahasa Sasak dan ada banyak pulau kecil di sekitar pantai lombok yang juga memakai nama “gili”.

3. Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo merupakan taman nasional yang berlokasi di Kepulauan Sunda Kecil yang mencakup 3 pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rincah, dan 26 pulau yang lebih kecil. Sebutan untuk taman nasional ini mengambil nama Komodo, reptil terbesar di dunia yang panjangnya dapat mencapai 3 meter dan beratnya dapat mencapai 70 kg lebih. Meskipun Komodo merupakan hewan pemakan bangkai, mereka adalah pemburu hebat dan dapat memburu mangsanya yang berupa burung dan mamalia. Namun, serangan terhadap manusia sangat jarang dijumpai.

2. Borobudur
Berjarak 40 kilometer (25 mil) arah utara Yogyakarta di Pulau Jawa, Borobudur merupakan salah satu Candi Buddha yang paling terkenal di dunia. Borobudur dibangun selama 75 tahun pada abad ke-8 sampai abad ke-9 oleh Raja Sailendra, menggunakan sekitar 2 juta blok batu. Candi ini terlantar di abad ke-14 untuk alasan yang masih misterius dan selama berabad-abad tersembunyi di tengah hutan di bawah debu vulkanis. Saat ini Candi Borobudur telah menjadi salah satu tujuan usaha paling populer di Indonesia.

1. Bali
Bali merupakan salah satu pulau tujuan wisata yang paling populer di dunia dan juga paling sering mendapatkan penghargaan pariwisata. Kontur tanahnya bervariasi, mulai dari pesisir yang berbatu-batu, pantai tropis, persawahan terasering yang subur dan daerah lereng perbukitan. Kesemuanya menjadi latar bagi budaya Hindu yang beraneka ragam, unik dari sisi spiritual dan menancap dalam di berbagai aspek kehidupan. Kombinasi dari penduduknya penuh keramahan, peleburan budaya dan spiritualitas yang mengagumkan, dan pantai-pantai yang fantastis dengan beraneka area selam dan surfing menjadikan Bali tak tersaingi sebagai tujuan wisata nomer satu di Indonesia.



kategori:Objek Wisata